Rabu, 11 Mei 2011

Perasaan Seorang Guru


Aku jadi guru karena panggilan hati ataukah materi

Ilmu yang mengalir dari sanubari ataukah dari jual beli

Tat kala gelar sudah kusandang

Adakah tanggungjawab di pundak kian menantang

Amanat Undang-undang bisakah kutelan

Tuk mencerdaskan anak bangsa di seluruh nusantara

Sementara di daerah pedalaman banyak yang tidak bisa membaca

lebih-lebih menulis dengan pena

Aku mengajar karena panggilan hati ataukah karena materi

Tat kala tuntutan birokrasi menyeruak dan memaksa

Administrasi ini dan itu harus jadi dalam seketika

Sementara hakekat pendidikan kian menjadi sirna

Adakah beban moral yang kian hilang

tatkala sanubari sudah dapat dibeli

Dana pendidikan kian mengalir bak air

Semakin meningkatkah mutu pendidikan dan pengajaran ataukah semakin hilang

Visi kedepan hanya lulus seratus persen tanpa memberi bekal ketrampilan

Kejujuran sudah tergadaikan oleh target semu semata ataukah menjadi nyata

Duhai ladang menhijau yang kian hilang

Domba-domba kian menjadi liar

Oleh sang gembala yang berhati lapang

Dimanakah hati gembala tuk mengarahkan domba-domba yang lapar

Lapar akan pengetahuan dan moral

Aku mengajar karena panggilan hati ataukah materi

Tatkala buaian dana bos ada dipelupuk mata

Mestimya pendidkan kian menjadi nyata

Karena dana sudah tersedia

Tidak seperti di pedalam sana

yang serba terbatas oleh sarana dan prasarana

Gurupun hanya satu ataupun dua

tertantangkah hati tak kala kebodohan menyelimuti anak negeri

Merasa bersaudarakah kita tat kala anak-anak usia sekolah ada di jalan raya tuk meminta-minta

Merasa bersaudarakah kita tat kala anak Papua atau Bima tak bisa membaca

Merasa bersaudarakah kita tat kala anak-anak gadis usia sekolah tergaidaikan kegadisannya

Ohhhh.......... hati apa yang ada tat kala aku mengajar mereka

Ohhhh.......... sanubari apa yang mengalir tak kala ilmu sampai pada mereka

Ohhhh...........keringat yang mengalir berartikah kini

Ohhhh........... aku mengajar dan mendidik dengan hati ataukah karena materi

Tidak ada komentar:

KELAS 4A DIMASA PANDEMI

Kondisi pandemi yang hampir satu tahun ini menyebabkan pembelajaran dilakukan 100 % melalui daring. Anak-anak hanya bisa bertemu gurunya mel...